5 Kiat Efektif Agar Packing Makin Praktis Ketika Pindah Rumah

Pindah rumah sering dianggap sebagai hal yang rumit oleh sebagian besar orang. Anda dan keluarga pasti merasa agak malas saat harus mengurus packing barang-barang sebelum pindahan. Terutama jika Anda sangat sibuk dan memiliki banyak barang yang harus dikemas. Sebenarnya, urusan packing saat pindah rumah akan lebih praktis kalau Anda melakukan 5 kiat efektif ini:

1. Memisahkan Barang yang Rapuh
Berbagai barang yang materialnya rapuh atau gampang pecah memang membutuhkan perhatian ekstra saat Anda akan pindah rumah. Barang-barang yang mudah pecah, hancur, atau berubah bentuk harus dipisahkan dari barang-barang berat sewaktu akan dikemas. Misalnya, Anda harus memisahkan barang pecah belah dari perabot yang terbuat dari logam dan kayu. Alangkah lebih baik jika Anda menggunakan bubble wrap atau kertas koran untuk melapisi barang-barang rapuh. Cara tersebut sangat efektif untuk meminimalkan gesekan atau benturan dengan barang lainnya.

2. Memberi Label untuk Setiap Jenis Barang
Kalau Anda tidak ingin kerepotan menyusun kembali barang-barang Anda, sebaiknya Anda memberi label pada setiap kemasan barang. Tuliskan keterangan lengkap mengenai isi setiap kemasan yang Anda gunakan agar barang tersimpan secara rapi. Barang-barang yang sejenis harus diletakkan dalam satu kemasan, contohnya satu dus berisi perabot dapur, pajangan, atau perkakas. Anda pun tak akan kesulitan sewaktu menata kembali barang-barang tersebut di rumah baru.

3. Mengemas Baju dan Barang Penting Lainnya untuk Dua Minggu
Proses pindahan rumah tentu membutuhkan waktu lama, mulai dari persiapan di rumah lama hingga menata rumah baru. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda mengemas barang-barang penting yang digunakan setiap hari untuk memenuhi kebutuhan selama dua minggu. Barang-barang yang Anda butuhkan tersebut terdiri dari pakaian, produk kebersihan tubuh, serta perlengkapan kerja atau belajar. Jangan lupa mengingatkan anggota keluarga lainnya untuk menyiapkan hal yang sama sesaat sebelum pindah.

4. Menyiapkan Barang-Barang Penting dalam Satu Kemasan
Simpan berbagai barang penting Anda dalam satu kemasan. Dengan begitu, Anda bisa menggunakannya secara mudah meskipun Anda belum selesai menata rumah baru. Kemasan barang penting tersebut terdiri dari peralatan makan, tisu, obat-obatan, bahan makanan, dan bahan pembersih. Anda pun tak perlu membongkar kemasan barang-barang lainnya hanya untuk menemukan barang penting yang sedang Anda butuhkan.

5. Menggunakan Kantong Sampah untuk Barang yang akan Dibuang
Tentunya Anda tidak ingin ada barang-barang penting yang terbuang ketika pindah rumah. Jadi, sebaiknya Anda menyiapkan wadah berupa kantong sampah plastik berukuran besar sewaktu memilah barang. Simpanlah barang-barang penting dalam dus dan buanglah barang tak terpakai pada kantong sampah. Cara sederhana ini akan membuat proses memilah barang berlangsung lebih cepat dan efisien.

Urusan pindah rumah tak akan terasa merepotkan lagi bila Anda sudah tahu kiat-kiat untuk menyiasatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *