5 Jenis Tanaman Terbaik untuk Halaman Rumah Kesayangan

Setiap bulan November, tepatnya tanggal 21, seluruh dunia memperingati hari pohon untuk mengingatkan pentingnya peran dan fungsi pohon bagi kehidupan makhluk hidup di bumi. Kesadaran untuk mencintai tanaman memang perlu digalakkan, terutama dalam upaya penyelamatan lingkungan yang perlu dilakukan dari lingkungan rumah sendiri.

Ingin lingkungan rumah Anda lebih indah dan juga sehat? Yuk, simak 5 jenis tanaman terbaik yang bisa Anda tanam di halaman rumah kesayangan!

1. Pohon Palem
Perlu diketahui bahwa tidak semua jenis pohon palem cocok ditanam di pekarangan rumah, apalagi jika hunian Anda memiliki lahan terbatas. Misalnya saja jenis palem raja yang punya akar keras yang berbahaya untuk konstruksi bangunan. Pilihlah pohon palem ekor tupai yang mekar di bagian daunnya atau palem kipas yang megah dengan daunnya yang berukuran besar, atau palem botol dengan batang pohonnya yang cukup unik sebagai tanaman hias di halaman rumah Anda. Jika Anda menyukai tanaman berwarna, Anda bisa memilih palem kuning atau palem merah yang memiliki guratan keemasan dan merah yang memikat.

2. Bunga Melati
Bunga melati adalah salah satu bunga khas Indonesia yang punya aroma halus dan warna putih yang menawan. Karena termasuk salah satu tanaman rambat, Anda bisa mulai dengan menggunakan media berupa pot bunga, lalu tempatkan di atas tembok pagar atau gantung di halaman depan rumah sebagai taman vertikal yang cantik setelah mekar sempurna. Salah satu jenis bunga melati yang mempesona adalah Melati Irian yang berasal dari dataran Papua. Bunganya yang cukup besar dan menjuntai dengan warna oranye kemerahan sangat cocok untuk mempercantik lingkungan rumah.

3. Pohon Mangga
Pohon mangga adalah salah satu jenis tanaman halaman rumah yang paling digemari masyarakat Indonesia. Mengingat besar manfaatnya dan rasanya yang manis, tak jarang masyarakat kita yang membudidayakan pohon manga. Namun, bukan berarti menanam buah mangga adalah perkara yang mudah. Tanaman ini cocok hidup di daerah dengan musim kering selama 3 bulan. Jika ditanam di daerah basah, pohon manga akan mengalami banyak serangan hama dan penyakit, serta gugur bunga atau buah jika bunga muncul pada saat hujan.

4. Pohon Kamboja
Ingin punya halaman rumah dengan nuansa khas Bali? Tanaman kamboja bisa jadi pilihan Anda. Warnanya yang cantik merupakan pelengkap yang paling pas bagi Anda yang menyenangi nuansa tradisional. Pohon kamboja ini juga terkenal sebagai pohon uang atau simbol keberuntungan dan rejeki bagi pemiliknya.

5. Tanaman Lidah Buaya
Tanaman lidah buaya menjadi salah satu tanaman favorit yang sudah dikenal lama memiliki banyak khasiat untuk kesuburan rambut, kesehatan kulit, hingga obat luka. Tanaman yang satu ini memiliki predikat sebagai tanaman wajib yang selalu ada di setiap rumah karena manfaatnya yang bisa langsung dirasakan oleh si pemilik rumah. Selain itu, tanaman satu ini juga cenderung cepat tumbuh besar jika diletakkan pada spot yang sering disinari oleh matahari walaupun hanya mendapatkan sedikit air dan pupuk.