5 Tips Dekorasi Kamar Anak Agar Betah di Rumah

Anak-anak menghabiskan sebagian besar waktunya di dalam kamar. Oleh karena itu, dekorasi kamar yang tepat dapat membuatnya betah sekaligus membawa dampak positif bagi pertumbuhannya.

Lalu, bagaimana cara membuat dekorasi kamar anak nyaman dan membuatnya betah? Tak perlu bingung, berikut ini beberapa inspirasi kamar anak yang bisa Anda jadikan inspirasi!

1. Gunakan tema kamar yang disukai oleh anak
Kamar anak-anak sebaiknya bertemakan hal yang disukai oleh anak Anda. Carilah hal yang ia sukai seperti film, karakter, atau lagu favorit. Diskusikanlah ide menyenangkan tersebut dengan si Kecil sehingga ia juga bisa menentukan hal yang dia inginkan. Dengan begitu, si Kecil akan lebih menyukai kamarnya sendiri.

2. Pilih warna yang lembut atau tidak mencolok
Pilihlah warna yang disukai si Kecil. Pertimbangkan pula untuk memilih warna yang lembut atau tidak mencolok sehingga tidak membuat mata cepat lelah namun tetap terkesan ceria. Warna-warna monokrom atau netral seperti hitam, putih dan abu-abu juga tidak masalah. Namun, pastikan Anda tetap memberikan banyak aksen warna yang bervariasi sebagai dekorasi agar kamar anak lebih memberi kesan semangat dan ceria.

3. Prioritaskan pada furnitur yang dianggap krusial
Memilih furnitur untuk kamar tidur anak bisa jadi hal yang menyenangkan tapi sekaligus membingungkan. Budget yang dibutuhkan untuk membeli furniture di kamar anak memang cukup besar, namun setidaknya ada dua furnitur yang krusial, yaitu tempat tidur dan meja belajar. Anda bisa mengajak si Kecil berdiskusi soal furnitur apa yang diinginkannya dengan mempertimbangkan luas kamar dan kebutuhannya. Belilah tempat tidur ukuran reguler agar bisa digunakan dalam waktu lama. Selain itu, Anda juga harus memperhatikan faktor keamanan saat memilih furnitur untuk kamar anak.

4. Sediakan fasilitas sesuai kebutuhan anak
Buatlah kamar yang memenuhi semua kebutuhan si Kecil sehingga ia nyaman dan betah berlama-lama di kamarnya. Sediakan fasilitas seperti mainan, tempat menyalurkan hobi, dan tempat untuk belajar yang bisa ia gunakan. Namun, Anda perlu mempertimbangkan jika akan meletakkan televisi ataupun video game di dalam kamar anak. Tentunya Anda tidak mau kan, si Kecil jadi kecanduan hal-hal tersebut?

5. Sediakan pojok khusus untuk bereksplorasi
Anak-anak memiliki kecenderungan untuk mengeksplorasi segala hal. Untuk itu, ada baiknya jika Anda menyediakan ruangan bereksplorasi di kamarnya. Anda dapat menciptakan pojok eksplorasi dengan menyediakan dinding kosong untuk corat-coret hingga menempel stiker favoritnya. Dengan ruang eksplorasi khusus, anak dilatih untuk mengembangkan daya kreatif dan kemampuan motoriknya.

Selain kamar yang nyaman, jangan lupa untuk tetap mengajak anak bermain di luar ruangan. Biarkanlah anak untuk belajar dan bereksplorasi tanpa harus diperintah oleh Anda. Dari 5 inspirasi di atas, hal mana yang sudah Anda terapkan di rumah?