5 Tips Sebelum Memilih Investasi Properti di 2019

Tak peduli sekecil atau sesederhana apapun, tempat tinggal tetaplah istana bagi penghuninya. Namun, apa yang sebetulnya harus dipikirkan ketika seseorang ingin membeli rumah atau apartemen untuk tempat tinggalnya? Biasanya, orang hanya memperhatikan persoalan harga dalam pertimbangan pemilihan membeli properti. Namun, sebenarnya masih banyak sekali hal lain yang harus diperhatikan.

Bagi Anda yang sedang berniat untuk investasi properti di tahun 2019 ini, berikut adalah 5 tips cerdas dalam memilih dan membeli properti.

1. Reputasi pengembang
Pengembang yang baik memiliki reputasi dan kepercayaan konsumen dengan kualitas yang menjanjikan, serta menyerahkan properti dengan tepat waktu. Carilah informasi lengkap seputar pengembang dan bandingkan dahulu sebelum menentukan pilihan.

2. Lokasi properti
Lokasi properti harus dapat memberikan kenyamanan, keamanan, dan kemudahan akses untuk calon pembelinya. Lokasi juga akan menjadi faktor utama yang mempengaruhi sebuah nilai properti di masa yang akan datang.

3. Fasilitas yang ditawarkan
Untuk mendukung gaya hidup dan kesejahteraan Anda, sebelum membeli properti, Anda sebaiknya melihat fasilitas apa saja yang ditawarkan seperti keamanan, ruang hijau, serta fasilitas umum yang bisa dipakai bersama-sama.

4. Prospek jangka panjang dan risikonya
Membeli sebuah properti adalah aktivitas investasi jangka panjang. Maka dari itu, hal ini harus dipikirkan secara matang. Peningkatan nilai aset secara jangka panjang tentu menjadi faktor penting untuk membeli sebuah properti. Jika Anda ragu, sebaiknya lakukan riset perkembangan nilai properti yang sudah ada sebelumnya di daerah tersebut.

5. Waktu terbaik untuk berinvestasi
Garis besar investasi properti adalah peningkatan nilai aset. Di Indonesia sendiri nilai properti cenderung terus meningkat setiap tahunnya. Agar Anda tahu kapan waktu yang tepat untuk membeli sebuah properti, lakukan analisis terhadap prediksi demand dan supply pasar terlebih dahulu.

Jika Anda sudah memiliki cukup tabungan, segeralah lakukan investasi properti di tahun baru ini. Namun, sama seperti jenis investasi lainnya, Anda harus memahami seluk beluk dunia properti sebelum siap menyelaminya. Selamat berinvestasi!