8 Tips Pindah Rumah Simpel dan Anti-Stres

Punya rumah sendiri memang jadi suatu kebahagiaan sendiri bagi setiap keluarga. Walaupun terdengar menyenangkan, namun proses pindahan ke rumah baru bisa jadi hal yang menyebalkan dan melelahkan. Bayangkan saja prosesnya, mulai dari mengepak dan menyortir barang hingga menata kembali di rumah yang baru yang tentu akan menguras waktu dan tenaga.

Namun jangan dulu stress, karena kami telah menyediakan 8 tips pindah rumah rumah yang super simple yang akan membuat proses pindah rumah lebih ringan.

1. Kemas barang yang akan dipindahkan
Salah satu cara mudah untuk mengemas barang adalah dengan mensortirnya ke dalam beberapa kardus. Namun daripada membeli kardus baru, cobalah untuk mencari tempat yang memberikan kardus secara gratis, atau Anda juga bisa meminta kardus bekas pada tetangga sekaligus mengucapkan perpisahan sebelum pindah. Anda bisa memulai pengemasan sekitar empat minggu sebelum pindah rumah. Jangan lupa untuk memberi label atau tali berwarna sebagai penanda pada setiap kardus.

2. Pindahkan peralatan pecah belah
Hal yang perlu Anda ingat lainnya adalah saat mengemas pisahkan benda yang mudah pecah dan yang tidak. Jika perlu, gunakan pula bubble wrap ataupun stereofoam untuk membungkus unit yang rapuh agar barang tidak rusak saat dalam perjalanan.

3. Sumbangkan atau jual barang yang tidak diperlukan
Sebelum pindah rumah, penting untuk membersihkan dan memilah barang-barang Anda secara menyeluruh. Memang kebiasaan dari banyak orang adalah membawa semua perabotan rumah lama ke tempat tinggal baru. Padahal, belum tentu semua barang akan muat di rumah baru atau justru hanya memakan ruang sehingga membuat rumah baru lebih sempit. Cobalah untuk menjual atau menyumbangkan barang-barang yang dianggap sudah tidak diperlukan lagi.

4. Vakum pakaian dengan rapih
Cara simple lainnya untuk menghemat ruang saat mengemas pakaian untuk dipindahkan adalah dengan melakukan vakum pada pakaian yang sudah dibungkus plastik. Selain menghemat ruang, pakaian yang divakum akan terhindar dari kotoran saat berpindah rumah.

5. Sewa mobil angkut untuk pindah rumah
Walapun terasa lebih murah dengan menggunakan mobil penumpang untuk mengangkut barang, namun percayalah hal ini akan mengeluarkan dana lebih untuk bahan bakar kendaraan dan tenaga Anda. Menyewa mobil angkut berkapasitas besar saat hendak pindah rumah merupakan pilihan yang lebih bijak bagi Anda daripada memaksakan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Saat ini ada banyak jasa kendaraan angkut yang juga menyediakan fasilitas bantuan tenaga untuk membantu bongkar muat barang-barang sehingga bisa meringankan beban Anda saat pindah rumah.

6. Bersihkan rumah baru sebelum pindah
Salah satu hal yang sering terjadi saat pindah rumah adalah baru membersihkan rumah ketika semua barang-barang dari rumah lama dipindahkan ke tempat hunian baru. Bawalah beberapa barang untuk membersihkan rumah baru terlebih dahulu dan melakukannya sebelum Anda benar-benar pindah. Rumah baru yang sudah dalam kondisi bersih akan mempermudah dan mempercepat proses penataan interior rumah. Waktu yang Anda perlukan untuk menata barang-barang juga jadi lebih singkat.

7. Sediakan perlengkapan siap pakai
Salah satu kegiatan pindah rumah yang paling menguras tenaga adalah menata perabotan. Hal ini bukan hanya memakan waktu banyak seusai pindah rumah namun juga memakan banyak tenaga. Oleh karena itu, ada baiknya untuk menyiapkan satu boks yang berisi perlengkapan yang akan segera dipakai seperti selimut, peralatan mandi, dan sleeping bag untuk menghindari jika Anda belum bisa menggunakan kamar tidur atau kehabisan tenaga sebelum menata ulang semuanya.

8. Beritahukan penyedia jasa layanan internet dan telepon
Hal terakhir yang tidak kalah penting sebelum pindah rumah adalah menghubungi pihak penyedia jasa layanan internet dan telepon rumah. Hal ini untuk menghindari tagihan bulanan yang masih tetap dibebankan kepada Anda walaupun sudah berpindah rumah. Jika tidak ingin repot berganti jasa layanan internet dan telepon, Anda juga bisa bertanya pada penyedia apakah layanan mereka tersedia di lokasi rumah baru.

Itulah 8 hal yang bisa Anda lakukan untuk pindah rumah yang lebih simpel dan tanpa stress. Semoga dengan tips di atas, proses pindahan rumah Anda akan terasa lebih ringan.