Sosialisasi dan Penyemprotan Eco Enzyme bersama Grand Sharon Residence

Sosialisasi dan Penyemprotan Eco Enzyme bersama Grand Sharon Residence

Memulihkan alam, memulihkan diri.

Diawali dengan momen Hari Sampah Nasional pada 21 Februari 2021, Grand Sharon Residence terus berupaya untuk meningkatkan kepedulian dan manfaat dari pengelolaan sampah yang modern dan berkelanjutan. Salah satu pemanfaatan sampah yang diperkenalkan ialah Eco Enzyme. 

Grand Sharon Residence selaku developer bekerja sama dengan Komunitas Eco Enzyme Nusantara, Bank Sampah Hejo Salamina, serta warga Grand Sharon Residence untuk mulai mengembangkan pemanfaatan Eco Enzyme. Pemanfaatan Eco Enzyme sendiri sudah dimulai oleh sebagian warga Grand Sharon Residence yang memiliki kepedulian besar pada sampah dan lingkungan.

Eco Enzyme atau yang dikenal dengan enzim sampah diklaim merupakan cairan serbaguna yang dihasilkan dari hasil fermentasi sampah organik. Eco Enzyme adalah hasil dari fermentasi limbah dapur organik seperti ampas buah dan sayuran, gula (gula cokelat, gula merah, atau gula tebu), dan air. Warnanya cokelat gelap dan memiliki aroma fermentasi asam manis yang kuat.

Eco Enzyme diklaim mampu melepaskan gas ozon (O3) yang dapat mengurangi karbondioksida (CO2) di atmosfer yang membendung panas di awan. Dengan begitu, cairan itu akan mengurangi efek rumah kaca dan pemanasan global serta dapat “memurnikan” udara di sekitar tempat tinggal.

 

Ibu Yenny Christiany, GM Marketing Promosi Grand Sharon Residence

Sosialisasi dan Penyemprotan pertama ini terlaksana pada hari Minggu, 28 Februari 2021. Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Ibu Yenny Christiany selaku GM Marketing Promosi Grand Sharon Residence dan dilanjutkan dengan pemaparan sosialisasi oleh Bapak Dody selaku Leader Komunitas Eco Enzyme Nusantara Bandung. 

Bapak Dody, Leader Komunitas Eco Enzyme Nusantara Bandung

Sosialisasi dilanjutkan dengan demo produksi atau pembuatan Eco Enzyme bersama komunitas Bank Sampah Hejo Salamina (Komunitas peduli sampah dan lingkungan dari warga Grand Sharon Residence). Pada kesempatan ini, komunitas Bank Sampah Hejo Salamina juga memperkenalkan produk hasil olahan sampah dari warga Grand Sharon Residence, berupa Eco Enzyme, pupuk kompos, WASIMA (Wadah Sisa Makanan), dan pupuk organik cair kepada peserta yang hadir.

Produk Pengolahan Sampah Rumah Tangga Grand Sharon Residence oleh Bank Sampah Hejo Salamina

 

Demo Produksi Eco Enzyme.
Komposisi: 10 bagian air : 3 bagian buah & sayur : 1 bagian molase/gula

Puncak kegiatan pada hari Minggu ini dilanjutkan dengan penyemprotan Eco Enzyme di dalam kawasan Grand Sharon Residence. Manfaatnya pun dapat langsung dinikmati warga Grand Sharon Residence karena udara yang dihirup menjadi lebih segar dan nyaman.

 

Pemotongan Pita Penyemprotan Eco Enzyme

Kiri ke kanan : Bapak Andri (Bank Sampah Hejo Salamina), Bapak Dody (Leader Komunitas Eco Enzyme Nusantara Bandung), Ibu Yenny Christiany (GM Marketing Promosi Grand Sharon Residence),  Bapak Deni Ketua RW 11 Grand Sharon Residence

Penyemprotan Eco Enzyme di Kawasan Grand Sharon Residence

Selanjutnya, akan dilaksanakan kegiatan sosialisasi dan demo produksi dalam skala kecil pada setiap RT di Grand Sharon Residence. Dengan begitu, setiap warga bisa berpartisipasi dan memanfaatkan limbah atau sampah rumah tangga mereka sendiri menjadi produk yang bermanfaat bagi keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya.

Kegiatan Sosialisasi dan Penyemprotan ini bukan hanya one-time moment saja, melainkan salah satu dari rangkaian kegiatan Environmental Management System dari Developer Grand Sharon Residence. Rangkaian kegiatan ini akan dimulai dengan sosialisasi kepada perwakilan dan pengurus RT/RW, dan dilanjutkan secara reguler ke setiap RT di Grand Sharon Residence.