Percantik Ruang Keluarga Anda dengan Tips Berikut

Bagi Anda yang baru berkeluarga dan menempati rumah baru biasanya seringkali dilanda rasa bingung bagaimana caranya membuat rumah idaman yang nyaman. Tentunya sebuah rumah idaman bukan hanya sekadar tempat berteduh dan istirahat. Tempat berkumpul untuk habiskan waktu dengan keluarga juga merupakan hal yang tak kalah pentingnya. Untuk mendapatkan hal itu tentunya akan terasa lengkap dengan ruang keluarga yang juga mendukung quality time Anda.

Namun, Anda tidak perlu langsung pusing memikirkan harus merombak total ruang keluarga Anda untuk mendapatkan kesan cozy yang diidamkan. Tharon Anderson, seorang desainer asal New York menyarankan para keluarga baru untuk menginvestasikan budgetnya pada desain interior di ruang keluarga. Masalahnya bukan pada perabotan apa saja yang akan Anda letakkan di ruang keluarga namun, Anda juga perlu memberikan perhatian lebih pada desain interiornya demi menciptakan rumah idaman yang indah dengan perabotan dan aksesoris yang fungsional.

Penasaran caranya memaksimalkan desain ruang keluarga? Beberapa tips berikut bisa membantu Anda!

1.    Sofa
Sofa jadi perabotan yang paling penting pada ruang keluarga. Benda yang akan sangat sering digunakan oleh keluarga Anda satu ini perlu dipilih secara matang. Bukan hanya sekedar yang memiliki  desain dan warna menarik, jangan lupa juga untuk memilih bahan yang bagus dan mampu memberikan kenyamanan pada pengguna ruangan. Sofa yang terbuat dari material dan kontruksi yang baik akan bertahan selama bertahun-tahun. Ukuran sofa juga perlu Anda perhatikan terlebih bagi Anda yang memiliki ruangan keluarga yang sempit atau terbatas.

2.    Pelapis Sofa
Hal lainnya yang perlu Anda perhatikan saat memilih sofa adalah bahan pelapisnya. Ini akan menjadi hal yang sangat penting jika Anda memiliki anak kecil. Pelapis sofa berbahan poliester akan lebih tahan lama dan membantu menyamarkan tumpahan noda yang sering dilakukan oleh si kecil.

3.    Bantal Sofa
Masih soal sofa, pemilihan bantal sofa juga jadi hal penting lainnya untuk menambahkan kesan nyaman pada ruang keluarga Anda. Anda bisa memainkan kesan manis, ceria, maupun hangat dengan memilih jenis bantal dan pilihan motifnya. Permainan komposisi dalam peletakan bantal juga akan membuat ruang keluarga Anda terlihat enak dipandang mata.

4.     Tirai
Jika ruang keluarga Anda memiliki jendela, pemilihan tirai dapat dijadikan pilihan untuk menambah nilai estetika rumah. Pilihlah warna atau motif yang sesuai dengan nuansa ruangan yang diinginkan. Jenis tirai yang tepat bahkan dapat membuat ruang keluarga Anda terlihat lebih luas. Namun, jika jendela pada ruang keluarga cukup besar sebaiknya Anda tidak terlalu banyak menutupinya dan biarkan cahaya matahari menerangi ruang keluarga Anda.

5.    Meja
Carilah bentuk meja yang sesuai dengan kebutuhan ruang keluarga sehingga Anda tidak salah memilih ukuran. Selaraskan juga model meja dengan nuansa yang ada pada ruang keluarga Anda. Jika ingin gaya yang lebih klasik, maka pilihan meja dengan ukiran atau bernuansa kulit akan cocok di dalam ruangan Anda. Selain itu, apabila Anda memiliki anak kecil pastikan sudut meja tidak berbahaya bagi anak Anda. Anda juga dapat menggunakan pengaman meja untuk melindungi si kecil.

Itulah tips yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan ruangan keluarga yang nyaman. Anda juga dapat berkonsultasi dengan desainer interior untuk mendapatkan hasil terbaik sesuai kebutuhan dan keinginan. Jadi, sudah siap memiliki ruang keluarga idaman bagi keluarga Anda?