Renovasi Rumah Hemat untuk Menyambut Tahun Baru

Momen menyambut tahun baru biasanya dimanfaatkan sebagian orang untuk merenovasi rumahnya, terutama bila rumah sudah mengalami kerusakan parah seperti atap bocor atau cat yang memudar. Rumah yang indah tentunya akan membuat kita lebih nyaman untuk tinggal di dalamnya.

Ternyata, renovasi rumah tidak memerlukan budget yang super wah. Simak beberapa hal yang harus diperhatikan berikut ini dalam merenovasi rumah dengan hemat biaya:

1. Mengecat ulang daun pintu
Siapa sangka ternyata hanya dengan mengecat ulang daun pintu, Anda sudah bisa mendapatkan keindahan baru pada ruangan. Pemilihan cat pintu sangatlah penting sebagai pemanis ruangan apalagi jika ada tamu yang berkunjung ke rumah Anda. Tipsnya, pilihlah warna natural agar tampilan rumah Anda lebih segar.

2. Dekorasi dinding ruangan dengan wallpaper
Suasana ruang tamu merupakan kunci agar para penghuni dan tamunya merasa betah. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah menghias bagian dindingnya. Jika Anda ingin nuansa yang berbeda, cobalah untuk melapisi dinding menggunakan wallpaper dengan berbagai pilihan warna dan desain.

Anda bisa mengganti dinding dengan motif desain material yang berbeda, contohnya saja motif batu alam atau motif floral untuk kesan ruangan yang lebih hidup. Perlu diingat bahwa harga wallpaper sangatlah bervariasi sehingga bisa Anda sesuaikan dengan selera dan kantong.

3. Perbarui dekorasi furnitur
Salah satu elemen yang paling krusial di ruang tamu adalah furniture, terutama pada pemilihan sofa. Jika Anda memiliki sofa yang sudah cukup lama dan terlihat usang, Anda bisa coba mengganti kulit luarnya untuk meremajakannya kembali. Dengan begitu, sofa lama Anda pun dapat menambah kesan fresh pada ruangan.

4. Atur pencahayaan ruangan
Tahukah Anda bahwa pencahayaan pada sebuah rumah akan mempengaruhi mood para penghuninya? Jika pencahayaan rumah Anda terkesan muram, bisa jadi mood Anda menjadi ikut tidak bersemangat. Cobalah untuk menggunakan lampu sorot pada langit-langit rumah untuk mempercantik dinding rumah Anda.

Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa menambah sumber cahaya di rumah dengan membuat jendela minimalis atau mengubah material jendela pada ruangan tertentu. Pencahayaan yang baik akan membuat rumah terlihat lebih nyaman.

5. Siasati furnitur kayu tua
Jika furnitur kayu pada rumah Anda sudah terlihat usang, janganlah buru-buru menggantinya dengan yang baru. Anda bisa mempercantiknya kembali dengan melamin yang berfungsi untuk melapisi kayu agar lebih awet. Cara memakainya pun mudah karena mirip dengan cat.

Itulah 5 hal yang dapat Anda lakukan untuk merenovasi rumah dengan budget yang minimalis. Selain hal penting di atas, jangan lupa untuk membuat skala prioritas dan rincian biaya agar budget renovasi rumah tidak membengkak.

Selamat merenovasi rumah kesayangan Anda di Tahun Baru ini!