Tips Membuat Rumah Kecil Selalu Terlihat Rapi

Setiap orang pasti mendambakan rumah bersih yang membuat nyaman dan betah untuk ditempati. Agar selalu terlihat rapi, pemilik rumah tentunya harus rajin merapikan dan membersihkan setiap ruangan di rumah.

Selain membersihkan secara rutin, sebenarnya ada beberapa trik khusus yang bisa semakin menghadirkan rumah bersih rapi setiap saat.

1. Memilih perabot secara bijak
Memiliki banyak perabot pada rumah kecil sama dengan menambah pekerjaan saat menata dan membersihkan rumah. Rumah juga secara otomatis akan terasa lebih sesak jika Anda memiliki terlalu banyak benda di dalam rumah.

2. Menata furnitur dalam ruangan
Menata furnitur juga menentukan kerapihan sebuah rumah. Letakkan sofa merapat pada dinding agar tidak menghabiskan ruang. Jangan memasang sofa atau kursi terlalu banyak, atau terletak terpisah-pisah dalam satu ruangan.

3. Minimalisir sekat antar ruangan
Memberi sekat pada rumah yang sempit akan membuat ruangan jadi lebih sempit. Untuk membedakan dua ruangan tanpa sekat, Anda bisa menggunakan warna lantai atau karpet yang berbeda yang dapat diartikan sebagai pembatas.

4. Memasang wallpaper berwarna netral
Pemasangan wallpaper juga menjadi faktor penentu dari kerapihan rumah Anda. Pilihlah warna-warna netral atau terang seperti putih, biru, hijau, atau kuning agar ruangan tampak lebih lapang. Hindari warna gelap pada rumah kecil karena cenderung membuat ruangan terasa sempit.

5. Membuat ruangan multifungsi
Menata rumah kecil dengan ruang yang sempit dapat disiasati dengan membuat ruangan yang memiliki beberapa fungsi. Contohnya dengan menggabungkan dapur dan ruang makan. Dengan tata ruang seperti ini, Anda juga dapat dengan mudah membereskannya sekaligus.

6. Memperbaiki sirkulasi udara
Walaupun sudah dibersihkan dan ditata dengan rapi, sebuah rumah akan tetap terasa tidak nyaman jika sirkulasi udaranya tidak baik. Usahakan untuk selalu membuka jendela setiap pagi agar cahaya matahari dan pergantian udara dapat masuk ke dalam rumah dengan lancar.

Itu dia beberapa tips untuk menjadikan rumah yang kecil tetap terlihat rapi dan nyaman. Ikuti langkah demi langkah dan sebisa mungkin memaksimalkan furnitur yang ada di rumah Anda untuk hasil yang optimal.