Tips untuk Membuat Rumah Minimalis Anda Terasa Lebih Nyaman

Lahan perumahan yang semakin terbatas membuat banyak pengembang membuat rumah dengan desain minimalis atau rumah berukuran kecil. Mungkin bagi banyak orang memiliki rumah yang tidak terlalu besar dirasa tidak nyaman untuk ditinggali. Namun, sebenarnya dengan penataan yang tepat rumah minimalis tidak akan terasa sempit.

Jika Anda termasuk yang memiliki rumah minimalis, ternyata ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan di rumah agar terasa lebih nyaman untuk dihuni.

1. Jaga Kebersihan Rumah
Semua pasti setuju rumah yang bersih akan lebih terasa nyaman untuk dihuni. Bersihkanlah berbagai ruangan rumah Anda setiap hari secara rutin. Jangan lupa untuk memperhatikan perabotan rumah yang mungkin banyak debu dan kotoran yang menempel. Perhatikan peletakan barang perabotan agar rumah lebih mudah dibersihkan. Rumah yang bersih akan membuat perasaan senang dan dapat menghindarkan diri penghuninya dari stress. Menyediakan tempat sampah yang memadai di dalam rumah juga menjadi salah satu cara untuk menjaga rumah tetap bersih dan nyaman.

2. Sesuaikan Warna Ruangan dan Perabotan Rumah
Untuk menjaga suasana agar terkesan lebih luas daripada aslinya, Anda bisa menyesuaikan warna ruangan dengan perabotan rumah yang ada. Ini juga akan membuat rumah Anda terlihat lebih cantik dan kontras. Hindari penggunaan warna yang terlalu mencolok untuk menjaga suasana nyaman di ruangan rumah. Penggunaan cermin juga menjadi salah satu trik yang bisa Anda lakukan untuk memberikan kesan luas pada ruangan. Semakin besar ukuran cermin akan semakin baik untuk memantulkan bayangan dan menciptakan ilusi optik yang membuat ruangan seolah-olah bertambah besar.

3. Gunakan Perabot Gantung
Tips lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan pemilihan penggunaan perabot gantung atau yang menempel di dinding rumah Anda. Meletakkan perabot besar untuk ditaruh di lantai menjadi salah satu kesalahan yang harus dihindari. Penggunaan perabot gantung dapat memberikan ruang pada rumah sehingga rumah menjadi tampak lebih luas. Anda juga dapat memilih perabot yang multifungsi juga untuk menghemat ruangan. Untuk menjaga kecantikan rumah, Anda bisa memilih perabotan gantung yang unik baik dari segi warna maupun desain agar terhindar dari rasa bosan.

4. Hindari Menyimpan Perabotan di Pojok Rumah
Tips terakhir yang bisa Anda lakukan di rumah adalah untuk tidak menyimpan barang di pojok rumah atau ruangan. Penempatan barang di pojok rumah akan membuat ruang tampak sesak dan juga sulit dibersihkan. Taruh barang-barang kebersihan yang biasa diletakkan di pojok rumah seperti kain pel, sapu, vacuum cleaner, dan sebagainya di lemari penyimpanan sehingga ruangan tetap tertata rapi.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda terapkan di rumah minimalis untuk menjaga kenyamanannya. Sudah siap untuk melakukannya di rumah Anda?