5 Inspirasi Desain Rumah dengan Pencahayaan Alami, yang bisa bikin kamu jatuh hati.

Ilustrasi Rumah Cahaya Source: freepik.com

Desain Rumah Pencahayaan Alami

Penataan pencahayaan termasuk faktor penting yang turut memperelok desain sebuah rumah. berbicara soal pencahayaan, tentu bukan hanya pencahayaan buatan melalui lampu. Yang tidak kalah penting adalah pencahayaan alami.

Pencahayaan alami yang melimpah di dalam rumah memberikan banyak keuntungan. Pemakaian listrik menjadi lebih hemat karena berkurangnya jumlah lampu, maupun minimnya pemakaian lampu pada siang hari.

Selain untuk memperelok Hunian dengan konsep pencahayaan alami menjadi Solusi kesehatan juga, Sinar matahari pagi dan sore mengandung vitamin D yang baik untuk sistem imun dan memiliki berbagai manfaat lain yang menguntungkan bagi kesehatan.

Penasaran Gimana aja sih Desain Rumah dengan pencahayaan alami yang bagus? Yu Cek.

  • Selalu menghadirkan jendela lebar dalam setiap lantai rumah

    Artikel-1

    ilustrasi rumah cahaya Source: Freepik.com

    Untuk mendesain rumah dengan pencahayaan alami yang maksimal, pastikan kamu menghadirkan jendela pada setiap sisi rumah yang memerlukan cahaya yang lebih. Misalnya di sudut ruangan ataupun di area tangga. Kamu bisa memilih model jendela kaca yang lebar dengan bukaan yang cukup agar cahaya matahari dapat masuk maksimal dan sirkulasi udara berjalan dengan baik.


  • Padukan jendela kaca lebar dengan dinding dan ceiling berwarna putih

    Artikel-2

    ilustrasi rumah cahaya Source: Freepik.com

    Selain menginstal pintu maupun jendela kaca yang lebar dan tinggi, kamu juga bisa mendesain ruangan pada rumah kamu dengan cat dinding dan ceiling berwarna putih. Perpaduan cahaya alami yang masuk ke dalam ruangan bernuansa putih akan memaksimalkan cahaya dan membuat ruangan terlihat lebih terang daripada menggunakan lampu.
    Jadi Cahaya yang masuk akan lebih bagus jika di kombinasi kan dengan cat berwarna putih dan bisa lebih optimal daripada dengan warna yang gelap.

  • Atap Rumah Skylight

Artikel-3

ilustrasi rumah cahaya Source: Freepik.com

Ruangan di dalam rumah terlalu berdempetan dengan ruang lainnya? Coba hadirkan saja pencahayaan alami dari elemen dinding melalui jendela yang sering disebut pula dengan skylight. Rancangan skylight memungkinkan ruang untuk mendapatkan pencahayaan alami dari bagian atas ruangan.
Memasang skylight tetap sangat cocok dilakukan di atap lantai dua sebagai tambahan pencahayaan bahkan untuk melihat langsung pemandangan. Penggunaan skylight tetap di atap membuatnya lebih kokoh dan air hujan tidak mungkin meresap masuk. Pemandangan yang sempurna pada siang hari dan malam hari.

  • Kamar Tidur dengan sentuhan skylight

Artikel-4

ilustrasi rumah cahaya Source: Freepik.com

Tak hanya ruangan keluarga, ruang makan, dan area tangga saja. Ruang kamar tidur juga harus Bisa menggunakan Desain Skylight yang dimana kamar tidur terlihat lebih mewah dengan adanya cahaya alami dan sangat cocok mau itu kamar tidur minimalis ataupun kamar dengan ukuran besar.
Sistem ini terdiri dari dua bagian, dimana jendela akan dibuka ke atas, sementara bagian bawah jendela akan terbuka lebar menjadi dinding vertikal kokoh, sekaligus sebagai pagar balkon. Apalagi karena terbuat dari kaca khusus, ruangan atas akan lebih terang, hemat energi dan tidak panas. Dan jangan lupa kamu bisa menatap bintang di malam hari

  • Mengadaptasi konsep rumah kaca sebagai desain ruangan di rumah

    Artikel-5

    ilustrasi rumah cahaya Source: Freepik.com

    Alih-alih menggunakan skylight, kamu juga bisa mengganti atap kamu dengan atap transparan. Atap transparan tentu akan membuat cahaya yang masuk lebih maksimal.
    Bahkan kamu tidak memerlukan cahaya lampu sedikitpun pada siang hari. Kamu juga bisa mengintal jendela kaca yang lebar untuk membuatnya lebih totalitas. Tak hanya membuat terang, desain rumah ini juga akan membuat rumah kamu terlihat lebih segar dan terasa seperti di outdoor.

    Jadi jangan pernah lupa bahwa alam bisa lebih indah dari karya terbaik buatan manusia manapun.

    Semoga beberapa inspirasi desain rumah dengan pencahayaan alami yang bisa kamu jadikan contoh dalam membangun rumah impian kamu yang sehat dan hemat energi. Semoga bermanfaat!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.