Rumah Sehat Dalam Lingkungan Sehat

Table of Contents
Rumah yang sehat dan terletak di lingkungan yang sehat adalah idaman setiap keluarga, karena rumah dan lingkungan merupakan sarana pembina keluarga yang mempunyai pengaruh dalam pembentukan watak penghuninya. Disamping itu juga mencerminkan tingkat kesehatan, ketertiban, keamanan, ketentraman dan kesejahteraan masyarakat.
Memperhatikan arti penting dari rumah dan lingkungan sebagai sarana pembinaan keluarga, maka pembangunan maupun peningkatan kualitas perumahan untuk menciptakan perumahan dan pemukiman yang sehat, aman, serasi dan teratur merupakan langkah yang sangat penting. Dalam UU No. 4 tahun 1992 tentang Perumahan dan Pemukiman, tersurat kebijaksanaan pembangunan perumahan dan pemukiman yang lebih menekankan pada hak dan kewajiban masyarakat untuk berperan dalam pembangunan perumahan dan pemukiman sejak dari tahap perumusan permasalahan, perencanaan, pelaksanaan, pengelolaan, hingga pemeliharaan hasil-hasil pembangunannya. Pada rumah terdapat bagian-bagian tertentu yang menjadi perhatian orang- orang yang bertkitang ke rumah, seperti teras, taman, lantai, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur. Kepribadian dari pemilik rumah akan terpancar dari rumah. Jadi tidak salah jika terdapat ungkapan bahwa “rumah adalah jendela kepribadian penghuninya”, dimana sudut-sudut desain bangunan dan interior dari sebuah rumah mampu berbicara lebih dari satu pernyataan tentang penghuninya. Oleh karena itu, penting kiranya untuk memperhatikan bagian-bagian tersebut. Rumah yang cantik akan membuat penghuninya betah berlama-lama di dalamnya. Begitu juga dengan orang lain yang senang melihatnya. Bahkan ada yang sengaja melewatinya hanya untuk melihat kecantikannya saja. Berbeda dengan rumah yang tampak berantakan, kotor, dan tidak terawat. Siapa pun tidak sudi untuk melihatnya terlalu lama. Bahkan jika terlalu kotor dan tidak ada keindahan sama sekali, maka rumah tersebut dianggap tidak berpenghuni, padahal rumah belum tentu kosong. Berbagai hinaan keluar dari mulut orang yang melihatnya terhadap pemiliknya. Atau dengan kata lain, penampilan depan rumah memengaruhi penilaian orang lain terhadap penghuninya. Lalu berikut beberapa cara untuk mempercantik dan merawat rumah secara efektif dan efisien.

Pertama Percantik Rumah Dengan Teras,

Jangan pernah menyepelekan teras rumah kita Karena teras adalah jendela bagi orang lain untuk menilai isi rumah kita. Apabila teras rumah kita terlihat rapi dan indah, maka orang akan memberi penilaian yang positif. Namun sebaliknya, jika teras kita tampak berantakan, kotor, dan tidak terawat, maka orang akan memberi penilaian yang negatif. Bahkan berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk mampir ke rumah kita. Padahal penampilan di dalam rumah kita belum tentu separah penampilan teras. Karena kotornya teras dapat disebabkan oleh dedaunan yang gugur atau kotoran yang dibawa oleh alas kaki orang yang lalu-lalang di rumah kita.
Selain itu, teras juga dapat dijadikan sebagai tempat berkumpulnya keluarga yang terletak di luar. Sambil duduk di teras rumah dan menikmati secangkir teh hangat di pagi hari merupakan kenikmatan tersendiri, sekaligus menyegarkan mata dan pernapasan Kita. Atau dengan kata lain yaitu inilah waktu yang tepat bagi Kita untuk menyegarkan mata dengan melihat tanaman hijau dan menghirup udara bersih. demikian Kita akan terhindar dari penyakit yang berasal dari udara. Untuk menambah penampilan teras agar tampak lebih cantik, Kita dapat memberinya tanaman dan bunga yang berwarna-warni, serta dilengkapi dengan aksesoris taman seperti lampu (lampu sorot (atas), lampu tanam (bawah), dan ampu gantung), kursi, patung, dan sebagainya. Untuk tanaman itu sendiri terdapat beberapa pilihan untuk menghias teras. Jika Kita lebih menyukai yang sederhana, praktis, dan tidak memerlukan perawatan yang terlalu rumit, maka Kita dapat menghias teras dengan tanaman daun. Namun penempatan dari daun ini tidak boleh sembarangan, karena ada beberapa daun yang tidak tahan terkena sinar matahari secara langsung dan harus diletakkan pada tempat yang teduh. Seperti yang terjadi pada pakis, suplir, daun kuping gajah atau tumbuhan paku. Selain itu, beberapa tanaman daun yang lebih kecil dapat ditempatkan
dengan cara digantungkan sisi teras sehingga menambah keindahan seni di teras. Begitu juga dengan tanaman hias bunga yang berwarna-warni yang penempatannya juga harus diperhatikan. Karena pada umumnya bunga tidak dapat terkena sinar matahari secara langsung dan sedikit membutuhkan kelembaban.

Teras kita akan lebih sempurna penampilannya jika dihiasi dengan wama-wama yang sesuai. Dengan demikian akan memberikan keseimbangan yang selaras antara wama dinding, lantai, vas bunga, tanaman atau bunga, dan aksesoris di dalamnya seperti lampu, kursi, patung, dan sebagainya. Sebagai contoh, jika ingin menampilkan wama yang alami dan natural, maka kita dapat memilih wama cokelat tanah, merah bata, abu-abu pasir atau batu, dan hijau daun yang nantinya dikombinasikan dengan berbagai jenis tanaman daun yang ditampilkan. Sehingga menciptakan kesan alami menyatu dengan alam.
Namun jika ingin menampilkan suasana yang tenang dan nyaman, kita dapat memilih warna biru air atau hijau tosca dengan memberikan efek gradasi pada dinding, lantai, dan pilihan wama pada tanaman. Sedangkan untuk menampilkan suasana yang ceria, kita dapat memilih warna terang yang dapat memberikan aksen tersendiri. Tujuannya yaitu agar dapat memberikan nilai tambah dan menjadi pusat perhatian orang yang ada di sekitarnya dan memberikan nuansa teras yang indah, nyaman, dan enak dipkitang mata. Adapun warna-warna yang dimaksudkan itu adalah merah, kuning, dan oranye yang digradasikan dengan warna merah bata atau cokela   

Kedua Ciptakan Suasana Alam di Rumah Kita,

Untuk lebih menghidupkan suasana alam di rumah, kita dapat melengkapi taman kita dengan hewan piaraan yang tidak merusak tanaman, seperti ikan yang dibiarkan berenang bebas di dalam kolam. Hembusan angin yang datang dari kesegaran kolam di ruang terbuka mampu menyerap panas sinar matahari. Selain itu, ikan yang memiliki tekstur dan warna yang indah dapat membuat kita nyaman berada di taman. Sebagai alternatif kita dapat memelihara ikan maskoki, ikan louhan, atau ikan koi. Ikan-ikan tersebut termasuk ke dalam kelompok ikan hias yang sangat popular dan banyak diminati oleh banyak orang, Karena selain bentuk badannya yang unik, keunikan juga terpancar dari corak warna yang terletak pada bagian punggungnya. Apalagi jika ikan-ikan tersebut berenang ke sana kemari, maka warna-warni tersebut akan memberikan kesegaran pada mata kita.

Selain ikan, kita juga dapat memelihara burung seperti burung merpati atau burung lainnya yang memiliki suara yang merdu. Pada pagi kita akan mendengar kicauannya yang mampu menenangkan hati Kita. Apalagi jika kawanan burung tersebut dibiarkan lepas terbang ke sana kemari. Sebagai tempat berteduh burung-burung tersebut, kita harus menyiapkan kkitangnya. Dengan desain yang menarik rapi, kamdang tersebut juga dapat menjadi pelengkap dari keutuhan taman. Kita dapat meletakkannya di dekat pohon hias. Sehingga taman kita yang bernuansa alam menjadi lebih menarik.

Ketiga Taman Indah Dengan Warna,

Taman yang ada di rumah kita sebenarnya mempunyai banyak fungsi. Tidak hanya untuk mempercantik rumah, juga dapat menjadi sarana pelindung terhadap polusi udara dan hawa panas, menciptakan suasana yang teduh, dan juga berfungsi sebagai penutup tembok. Dengan adanya tanaman yang beraneka ragam dapat menciptakan suasana alam di dalam rumah kita. Sehingga kita dapat merasakan ketenangan, kedamaian, dan kesejukan di kota yang penuh dengan kebisingan. Ditambah lagi dengan adanya bunga yang berwarna-warni dapat menjadikan rumah kita tampak lebih indah dan asri. Dengan harum bunga yang semerbak dapat menggugah hati orang yang melihatnya.
Selain untuk memberikan pemkitangan yang indah, taman juga berfungsi sebagai tempat relaksasi dimana pada daerah tersebut terdapat warna-warna lembut yang secara tidak langsung akan memberikan ketenangan pada jiwa seseorang. Di samping itu juga dapat mengistirahatkan mata yang lelah, seperti warna hijau dipercaya baik untuk kesehatan mata. Warna-warna seperti pink, hijau, biru laut, dan ungu adalah warna-warna yang dapat memberikan efek nyaman dan menenangkan saat berada di tengah taman. Apalagi jika kita mengombinasikannya dengan warna-warna hangat, maka keindahan taman akan semakin menonjol. Sedangkan untuk warna-warna yang terang atau berani, seperti merah, kuning tua, dan oranye dapat memberikan kesan gembira dan menumbuhkan semangat dalam diri.

Keempat Hunian Indah Dengan Furniture Yang sesuai,

Untuk memilih furnitur yang mampu mempercantik rumah kita adalah pekerjaan yang gampang-gampang susah, apalagi jika rumah kita tak terlalu besar. Karena seringkali orang bingung memilih dan menempatkan furnitur di dalam rumah mungilnya, sehingga tak jarang kebingungan ini berujung pada rumah yang kelihatan sempit dan sumpek. Oleh karena itu diperlukan perencanaan yang baik dalam memilih dan mengatur furnitur bagi rumah
mungil kita. Untuk lebih memperindah furnitur yang ada, kita dapat mengombinasikannya dengan bahan kain yang sesuai. Dengan demikian furnitur yang tadinya terlihat kaku dapat lebih indah dipandang mata. Dalam hal ini kita jangan sampai salah dalam memilih bahan, karena walaupun tampaknya pekerjaan ini sederhana, namun tetap diperlukan pertimbangan yang cermat untuk memilih kain, baik dalam penentuan jenis ataupun warnanya.

Kelima Hias Rumah Dengan Jendela,

Jendela umumnya digunakan sebagai ventilasi udara, sehingga suasana di dalam rumah tampak lebih segar dan sejuk. Ditambah lagi dengan masuknya sinar matahari yang menjadikan rumah tidak lembab. Karena rumah yang lembab hanya menjadi sarang penyakit yang mengancam kesehatan penghuninya. Dengan menggunakan tipe atau bentuk jendela yang tepat, maka masuknya sinar matahari dapat disesuaikan dengan keinginan. Dengan demikian keinginan untuk memiliki rumah yang sehat dan nyaman bagi penghuninya dapat tercapai. Walaupun jendela telah menjadi salah satu syarat mutlak dalam menciptakan rumah yang sehat, namun belum tentu semua orang menerapkannya secara
benar.
Jendela tanpa gorden ibarat sayur tanpa garam, terasa hambar seperti ada yang kurang. Jika jendela Anda menggunakan kaca patri, mungkin tidak menjadi masalah jika tidak menggunakan gorden. Tapi bagaimana dengan kaca yang biasa, tentu saja akan lebih cantik jika dibalut dengan gorden. Perubahan waktu menggiring terjadinya pergeseran fungsi pada gorden. Jika dulu gorden hanya dijadikan sebagai penghalang sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan atau privasi, saat ini gorden juga berfungsi sebagai salah satu elemen pendukung estetika interior atau pemanis ruangan di dalam rumah.

Rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia disamping sandang dan pangan. Pada prinsipnya, rumah harus dapat memberikan rasa aman dan nyaman serta ketenangan bagi seluruh penghuni sebaik-baiknya. Selain itu fungsi rumah bagi keluarga bukan hanya sebagai tempat untuk berlindung dari panas dan hujan, tidur, serta memasak. Akan tetapi, rumah juga memegang peranan yang sangat penting didalam [embentukan watak/sikap setiap anggota keluarga.

Author: Mohammad Simar Kurniawan

Peserta  Lomba Menulis Artikel

Facebook
Twitter
LinkedIn
Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

About Me

Grand Sharon Residence merupakan kawasan hunian ekslusif sebesar 45 hektare dengan konsep hunian Total Reflection of Modern Living di kawasan Bandung,Jawa Barat,Indonesia yang sedang berkembang pesat menjadi suatu kawasan tekhnopolis pertama di Indonesia. Grand Sharon Residence menargetkan pembangunan 1500 unit dan sudah terjual 1000 unit .Kenaikan investasi yang Kami tawarkan di Grand Sharon Residence sekitar Rp. 100 Juta – 300 juta pertahun.

Recent Posts

Request A Visit

Book a meetup or send us emails to request for service consultation.